Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemampuan Guru Dalam Menguasai Landasan Pendidikan Dan Bahan Ajar

Guru merupakan seorang pendidik, mengajar, dan juga membimbing. Dan guru harus memiliki kecerdasan yang tinggi dalam menguasai materi yang di ajarkan. Maka dari guru yang profesional perlunya memahami mengenai kemampuan guru dalam menguasai landasan pendidikan dan juga bahan ajar. Dan berikut ini merupakan sedikit penjabaran mengenai hal tersebut yaitu:

Kemampuan Guru Menguasai Landasan Pendidikan    

Landasan pendidikan dibentuk dengan menggunakan berbagai sudut pandang seperti filsafat, sosiologis, psikologis, kultural, ilmiah, religious serta yuridis sudah tentu memiliki fungsi yang esensial bagi dunia pendidikan kita. 

Mengingat landasan pendidikan tidak hanya tertuju pada pengembangan upaya pengembangan keterampilan pendidikan berdasarkan spesialisasi program pendidikan saja, tapi juga harus fokus kepada pengembangan wawasan pendidikan. 

Dunia pendidikan saat ini perlu melakukan perbaikan mengingat masih banyak kebijakan pendidikan yang masih dipandang seakan dipaksakan. Seorang guru dituntut supaya untuk mampu menguasai landasan pendidikan supaya proses pembelajaran mengajar bisa berjalan dengan optimal sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan. 

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak sedikit pula sekolah yang melakukan praktek kecurangan disaat melakukan ujian nasional ataupun ujian sekolah dengan adanya kunci jawaban yang beredar atau tidak sedikit pula yang diperjual belikan yang hal ini tentu sangat tidak epik dan melanggar aturan. 

Dari sini kita bisa bercermin bahwa keberhasilan pendidikan bukan dilihat dari seberapa nilai yang diraih oleh seorang siswa, akan tetapi juga didukung oleh landasan pendidikan yang mencakup semua bidang keilmuan dan kehidupan kita. 

Kita tentunya tidak ingin melihat dunia pendidikan tidak befungsi untuk itu perlu kesadaran dari berbagai pihak selain guru, tapi juga dari para siswanya sendiri yang bersangkutan dan mendukung terlaksanakannya sistem pendidikan yang kondusif berdasarkan pada landasan pendidikan yang ada supaya tidak terjadi penyelewengan. 
Dan dalam hal ini guru sangat diaharapkan untuk senantiasa menerapkkan sikap jujur 
kepada para siswanya supaya tidak melakukan pelanggaran pada suatu peraturan yang sudah diterapkan sebelumya. 

Kemampuan Guru Menguasai Bahan Ajar

Untuk dapat menjadi guru yang baik dan dapat melaksanakan pembelajaran dengan sebaik-baiknya, seorang guru dituntut untk memiliki kualitas yaang dituntut yakni:
  1. Memiliki kepribadian
  2. Memiliki pengetahuan dan pemahaman profesi kependidikan 
  3. Memiliki kemampuan dan keterampilan profesi 
  4. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang bidan spesialis 
Di samping itu guru juga dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan seperti:
  1. Menguasai materi pembelajaran dan kemampuan untuk memilih, menata dan mengemas materi pelajaran kedalam cakupan dan kedalaman yang sesuai dengan sasaran kurikuler yang mudah dicerna oleh siswa 
  2. Memiliki penguasaan tentang teori dan keteramapilan mengajar 
  3. Memiliki penegtahuan tentang masa pertumbuhan dan perkembangan siswa serta memiliki pemahaman tentang bagaimana siswa belajar 
Guru juga harus memiliki kemampuan untuk memilih, menata dan mengemas materi pelajaran kedalam cakupan dan kedalaman yangs sesuai dengan sasaran kurikuler dan kemampuan daya tangkap sehingga mudah dicerna oleh siswa. 

Dengan demikian proses pembelajaran menjadi menarik karena bersifat terarah, apalagi dilengkapi dengan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian dari para peserta didik serta disampaikan secara lugas, jelas, tidak berbelit-belit dan hanya melibatkan siswa. 

Pemebelajaran yang berlangsung dengan menarik tentunya tidak akan membuat siswa menjadi lebih cepat bosan sehingga para siswa juga akan lebuh tertark untuk mendengarkan penjelasan dari seorang guru. 

Penguasaan materi yang cukup dari seorang guru juga akan emmduahkan dalam menjelaskan suatu materi kepada peserta didik dan apabila peserta didik akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran guru bisa menjawab dengn jawaban yang pasti tanpa adanya keragu-raguan.  

Kesimpulan

Nah itu tadi merupakan sedikit penjabaran mengenai kemampuan guru dalam menguasai landasan pendidikan dan juga bahan ajar. Dimana seorang guru harus memahami hal tersebut agar proses pembelajaran bisa berjalan secara optimal. Sebab landasan pendidikan berfungsi sebagai pijakan utama yang kokoh dan adil untuk memastikan keadilan pendidikan seperti dalam landasan hukum pendidikan. Dan menjadi barometer utama untuk memastikan kualitas pendidikan yang terarah sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya.

Dan untuk fungsi dari bahan ajar adalah sebagai motivasi dalam proses kegiatan belajar mengajar yang lakukan oleh seorang guru dengan materi pembelajaran yang kontekstual agar siswa dapat melaksanakan tugas belajar secara optimal.